Home »
» Soal Tuton Bahasa Indonesia Ke 2
Pilihlah
satu jawaban yang benar. Cukup ditulis huruf A, B, C,
atau D.
1.
Bahasa
Indonesia yang kita gunakan sekarang merupakan bentuk variasi dari bahasa....
A.
Belanda
B.
Sansekerta
C.
Portugis
D.
Melayu
2.
Alasan
bahasa Melayu yang terpilih menjadi cikal bakal bahasa Indonesia adalah....
A.
Sudah
dikenal luas
B.
Menjadi
bahasa persatuan
C.
Mudah
diingat
D.
Suku Melayu
merupakan penduduk mayoritas
3.
Salah satu
kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai....
A.
Pemersatu
bangsa Indonesia
B.
Bahasa
negara
C.
Alat
komunikasi
D.
Penyampai
ilmu pengetahuan
4.
Yang
dimaksud kedudukan bahasa yaitu bahasa Indonesia diartikan sebagai....
A.
Nilai
pemakaian bahasa
B.
Tugas
pemakaian bahasa
C.
Status
relatif bahasa
D.
Lambang
budaya
5.
Bahasa
Indonesia sebagai alat pengembang ilmu pengetahuan, dalam hal ini bahasa
Indonesia berkedudukan sebagai bahasa....
A.
Regional
B.
Internasional
C.
Nasional
D.
Negara
6.
Bahasa pada
hakikatnya memiliki sistem, hal ini berkaitan dengan....
A.
Bunyi
bahasa
B.
Konsep
bahasa
C.
Fungsi
bahasa
D.
Ujaran
bahasa
7.
Bahasa
memiliki sifat manusiawi, artinya....
A.
Bahasa
manusia lebih unggul dibanding bahasa hewan
B.
Setiap
manusia sejak bayi sudah dianugerahi kemampuan berbahasa
C.
Bahasa
hanya dimiliki manusia
D.
Ada kaitan
otak manusia dan bahasa yang membedakan dengan hewan
8.
“Maaf, saya
tidak bisa menerima lamaranmu semalam.” Bahasa yang digunakan seperti ini
memiliki fungsi....
A.
Ekspresif
B.
Regulator
C.
Sinyal
D.
Ausdruch
9.
Kaitan
antara keterampilan menyimak dan berbicara adalah....kecuali,
A.
Seorang
anak dapat berbicara karena sering mendengar suara dari lingkungan
B.
Menyimak
dan berbicara merupakan keterampilan bahasa yang reseptif
C.
Ilmu yang
diperoleh dari mendengarkan pelajaran dapat dijadikan bahan untuk berbicara
D.
Menyimak
dan berbicara menggunakan ragam lisan
10. Contoh kegiatan yang melibatkan
keterampilan membaca sekaligus berbicara salah satunya adalah....
A.
Belajar
sambil mendengarkan musik
B.
Membaca
berita di televisi
C.
Mendengarkan
detak jantung pasien
D.
Membaca
soal ketika ujian
11. Setelah materi pelajaran diberikan,
guru memberi pertanyaan kepada murid, si A dapat menjawab sedangkan si B tidak
dapat menjawab. Hal ini karena ada murid yang hanya mendengarkan guru
berbicara, ada juga murid yang menyimak. Perbedaan mendengar dan menyimak
adalah....
A.
Mendengar
informasi yang didapat berlalu begitu saja sedangkan menyimak, informasi yang
didapat diolah otak sehingga paham
B.
Mendengar
dilakukan secara sengaja dan terpaksa seperti mendengar pelajaran, sedangkan
menyimak dilakukan tidak sengaja dan tidak terpaksa
C.
Mendengar
lebih sering dilakukan dibandingkan menyimak
D.
Mendengar
menggunakan kedua telinga sedangkan menyimak menggunakan mata, telinga, dan
perasaan
12. Ciri penyimak yang baik adalah....
A.
Mampu menceritakan
kembali
B.
Mampu
menebak pikiran si pembicara
C.
Mampu
menyeleksi suara-suara yang mengganggu
D.
Ketika
sudah mendengarkan satu hal maka akan fokus dan tidak dapat mendengarkan suara
lain
13. Faktor yang tidak mempengaruhi seseorang dapat menyimak dengan baik adalah....
A.
Dianugerahi
telinga yang sehat
B.
Memiliki
kecerdasan
C.
Memiliki
tabiat yang baik
D.
Rajin
latihan
14. Strategi untuk dapat menyimak dengan
baik adalah membuat catatan, hal yang perlu dicatat adalah....
A.
semua
pembicaraan
B.
topik yang
menarik
C.
ide pokok
yang penting
D.
semua kata
dengan singkatan dan simbol
15. Berlatih agar dapat menyimak dengan
baik, di antaranya dengan cara....
A.
Mencari
kesalahan berbicara seseorang
B.
Melihat
gerak bibir si pembicara
C.
Menghubungkan
isi pembicaraan dengan topik terhangat
D.
Membedakan
fakta dan opini
16. Rencana kerja yang memudahkan seorang
penulis menyusun dan mengembangkan tulisan, disebut....
A.
Topik dan
tema
B.
Peta konsep
C.
Peta
kompetensi
D.
Kerangka karangan
17. Yang bukan manfaat kerangka karangan
adalah....
A.
Menghindari
pelencengan masalah
B.
Memudahkan
dalam mencari referensi
C.
Memperluas
masalah yang hendak dibahas
D.
Menghindari
ide yang berulang
18. Langkah pertama dalam membuat kerangka
karangan adalah....
A.
Merinci
topik menjadi subtopik
B.
Mengumpulkan
ide
C.
Memecahkan
ide
D.
Membuat
kerangka kasar
19. Penulisan kutipan langsung, contohnya
adalah....
A.
Seorang
mahasiswa dituntut memiliki KEM sekurangnya 350 kmp (Harjasujana, dkk, 1988:78)
B.
(Subino,
1989:25) validitas dapat dihitung dengan cara mengetahui korelasi.
C.
Hukum yang
didapat oleh seseorang dengan ijtihad dinamakan mazhab (Rasjid, 1954).
D.
Poniran
menegaskan sekali lagi bahwa keterampilan berbahasa terdapat empat bagian
(Poniran, 1983)
20. Cara menulis daftar pustaka yang pengarangnya
terdapat dua orang atau lebih adalah....
A.
Hidayat,
Kosadi dan Rahmina, Iim. 1987.....
B.
Wellek,
Rene dan Warren, Austin.1946....
C.
Tarigan,
Henry Guntur, dkk.1984....
D.
Rusyana,
Yus dan Fuad Hasan.1987....
21. Perbedaan antara abstrak dan sinopsis
adalah....
A.
Abstrak
merangkum karya ilmiah, sinopsis meringkas karya sastra
B.
Abstrak
merangkum artikel, sinopsis merangkum film
C.
Abstrak
cenderung fleksibel, sinopsis tidak
D.
Abstrak
meringkas kata-kata penting, sinopsis merangkum informasi penting
22. Langkah dalam meringkas setelah membaca
keseluruhan teks adalah....
A.
Menyeleksi
kalimat inti dan kalimat penjelas
B.
Menulis
ulang ide pengarang
C.
Merevisi
struktrur kerangka karangan
D.
Memperluas
wawasan
23. Hal yang tidak boleh dilakukan dalam
meringkas adalah....
A.
Menulis
ulang dengan kata-kata sendiri
B.
Tetap
mempertahankan pikiran pengarang
C.
Menghilangkan
keindahan gaya bahasa
D.
Memasukkan
pikiran sendiri
24. Resensi buku memiliki fungsi akademik
yaitu....
A.
Memberitahukan
keberadaan sebuah buku yang patut dibaca
B.
Mensosialisasikan
sebuah buku baru
C.
Menjadi
bahan wacana keilmuan
D.
Mengkritisi
sebuah buku
25. Bagi seorang pemula, teknik yang tepat untuk
meresensi buku yakni teknik....
A.
Focusing
B.
Comparing
C.
Cutting
D.
Cutting&glueing
26. Berikut ini yang memenuhi syarat
kalimat efektif adalah....
A.
Bagi
mahasiswa yang belum bayar SPP segera melapor.
B.
Rakyat
menginginkan keadilan, diberi fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta upah
yang tinggi.
C.
Cuaca hari
cukup bagus.
D.
Adik jatuh
ke bawah kolong tempat tidur.
27. Syarat tulisan yang baik, kecuali
adalah....
A.
Pemilihan kata
yang tepat
B.
Kohesi dan
koherensi
C.
Bersifat
objektif
D.
Kalimat
disusun dengan baik
28. Globalisasi adalah sebuah gerakan
kebudayaan yang didorong oleh perkembangan ekonomi dan komunikasi yang
mengglobal. Dengan demikian, di satu sisi globalisasi dapat dilihat sebagai
gejala yang cenderung bersifat universal, tetapi di sisi lain justru
menimbulkan respons terhadap menguatnya identitas-identitas lokal.
Paragraf ini dikembangkan dengan teknik pengembangan
paragraf....
A.
Secara
alamiah
B.
Pola
pengembangan analogi
C.
Umum-khusus
(deduktif)
D.
Pola
pengembangan definisi luas
29. Athong adalah anak bungsu dari lima
bersaudara, lahir 1971. Keluarganya tinggal di Semarang, kawasan Kaliungu.
Ayahnya seorang tentara yang mendidik anak-anaknya dengan keras. Seringkali
Athong dan saudara-saudaranya dipukul dengan kopel, ujung ikat pinggang tentara
milik ayahnya. Seperti hubungan tradisional ayah dan anak di Jawa, hubungan
antara Athong dengan ayahnya hingga kini sangat formal. Keluarga Athonk
menganut agama Kristen Advent dengan pola pendidikan religius yang keras. Kakak
Athonk kuliah di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta dan memilih payung sebagai
media ekspresinya. Kakak-kakak Athonk yang lain memilih pilihan hidup yang
lebih normal seperti akuntan atau agamawan.
Paragraf ini termasuk jenis paragraf....
A.
Deskripsi
B.
Narasi
C.
Argumentasi
D.
Eksposisi
30. Cara agar suatu paragraf memiliki
syarat koherensi adalah....
A.
Berfokus
pada satu masalah
B.
Membuat
sudut pandang dari segala arah
C.
Membuat
pengulangan kata kunci
D.
Mempunyai
urutan proses
31. Tingkat pemahaman dalam membaca
intensif yang mengidentifikasikan makna implisit adalah....
A.
Literal
B.
Interpretasi
C.
Kritis
D.
Kreatif
32. Memori lama yang digunakan dalam
membaca pemahaman secara intensif disebut....
A.
Skemata
B.
Memorial
C.
Literal
D.
Kritis
33. Ketika survei bacaan bagian isi yang
diperhatikan adalah....
A.
Bagian
kesimpulan
B.
Daftar
pustaka
C.
Tata
penyajian buku
D.
Nama
pengarang
34. Membaca secara ekstensif bertujuan
untuk....
A.
Mendalami
informasi
B.
Memperluas
informasi
C.
Membaca
survei
D.
Menumbuhkan
minat baca
35. Tulisan ilmiah populer yang disusun
secara deskriptif-argumentatif dapat dijumpai pada tulisan seperti....
A.
Riwayat
pertemuan suatu benda
B.
Sejarah
terjadinya Perang Dunia I
C.
Penjelasan
cara pembasmian hama ulat bulu
D.
Gambaran
umum tentang transportasi di Jakarta
36. Hakikat membaca tidak hanya bertujuan
melek huruf namun juga melek wacana, maksudnya adalah....
A.
Memahami
wacana informatif
B.
Kemampuan
membaca yang sesungguhnya
C.
Kecepatan
dan ketepatan memahami isi
D.
Kemampuan
melihat dan menangkap makna yang sebenarnya dari lambang tulis
37. Contoh membaca scanning adalah....
A.
Mencari
buku yang sesuai untuk anak
B.
Mempresentasi
buku yang sudah lama dibaca
C.
Mencari
nomor telepon di buku telepon
D.
Mengetahui
objek dari beberapa buku
38. Yang dilakukan pada saat prabaca
adalah....
A.
Membuat
pertanyaan
B.
Menebak
informasi selanjutnya
C.
Skimming
D.
Membaca
keseluruhan
39. Teknik yang digunakan dalam membaca
kritis adalah....
A.
Mampu
mengartikan makna tersirat
B.
Mampu
mencari kesalahan penulis
C.
Mampu
mencari benang merah dari setiap buku
D.
Mampu
mengadopsi ide penulis
40. Hal yang diperhatikan dalam menilai
bacaan koran adalah....
A.
Pemilihan
berita yang aktual
B.
Penggabungan
antara opini dan fakta
C.
Pemilihan
kata yang objektif
D.
Penulisan
yang rapi
41. Seorang MC pada sebuah pesta anak-anak
memilih kata-kata yang sederhana, mudah dimengerti, dan tidak panjang lebar.
Sikap MC ini mencerminkan hakikat berbicara bahwa berbicara itu merupakan....
A.
Kemampuan
mental motorik seseorang
B.
Keterampilan
yang bersifat produktif
C.
Disesuaikan
ruang, waktu, dan suasana
D.
Ekspresi
diri
42. Seorang polisi menunjukkan jalan pada
orang yang tersesat, maka si polisi tersebut berbicara dengan tujuan....
A.
Memberi
wejangan
B.
Memberi
informasi
C.
Memberi
sanksi
D.
Memberi
pesangon
43. Pembicaraan nonformal biasa terjadi
antara....
A.
Guru dan
murid
B.
Kenalan
baru
C.
Resepsionis
hotel dan pelanggan
D.
Pedagang
sayur dan pembeli
44. Ketika berbicara secara formal yang
diperhatikan adalah faktor kebahasaan, di antaranya adalah....
A.
Diksi
B.
Berani
C.
Lancar
D.
Mimik
45. Pemilihan topik yang tepat ketika berpidato
di depan para pengungsi adalah yang....
A.
Kompleks
tapi lucu
B.
mendukung pemerintah
C.
berisi
pemecah masalah
D.
aktual dan
akurat
0 comments:
Post a Comment