Tehnik Membuat Video Editing

Posted by

Video Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rangkaian gambar yang baru dan enak untuk dilihat.








Secara umum pekerjaan video editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti titling, colour correction, sound mixing, dll.




Istilah video editing telah dikenal luas dan banyak orang memberi pemahaman sendiri, namun secara garis besar adalah berkaitan dengan pekerjaan sbb:
  • Menata, menambahkan atau memindahkan klip video dan atau klip audio
  • Menerapkan colour correction (koreksi warna), filter dan peningkatan yang lain
  • Membuat transisi antara klip
  • Menerapkan effek khusus pada gambar

Tujuan Video Editing

Ada banyak alasan kita melakukan pengeditan dan pendekatan editing sangat bergantung dari hasil yang kita inginkan. Yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah menetapkan tujuan kita melakukan editing. Secara umum, tujuan editing adalah sebagai berikut:
  • Memindahkan klip video yang tak dikehendaki: ini menjadi tugas paling umum dan yang paling sederhana dalam pekerjaan editing. Banyak video dapat secara dramatis ditingkatkan hanya dengan membuang bagian yang tak dikehendaki atau yang jelek.
  • Memilih gambar dan klip yang terbaik
  • Menciptakan alur cerita: Kebanyakan video melakukan seperti yang diminta, seperti bercerita atau menyediakan informasi. Dengan proses Editing maka alur video mengalir dengan mulus dan sesuai tujuan.
  • Menambahkan efek, grafik, musik dll: Hasil suatu video dapat menjadi sangat menakjubkan dengan memberi sentuhan efek khusus
  • Mempengaruhi suasana hati penonton dengan memberi sentuhan - sentuhan khusus, seperti mensinkronkan gambar dengan musiknya.








Beberapa istilah dalam Video Editing

Capture device: adalah alat atau perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah atau mengkonversi video analog ke video digital.

Compressors & Codec: adalah perangkat lunak atau program yang berfungsi untuk memadatkan dan membuat ukuran file video menjadi lebih kecil.

Editing: proses mengubah dan memanipulasi serta mengumpulkan video klip, audio track, grafik dan material lain menjadi suatu paket tayangan yang menarik dan bagus. Editing juga membuat transisi antar klip. Editing menjadi bagian dari proses post production atau pasca produksi.

Edit Decision List (EDL): Daftar keputusan (pekerjaan) dalam proses editing.

Encoding: adalah proses mengubah video klip dalam format tertentu, misalnya format AVI menjadi format 3gp, wmv, mpeg, dat.

Linear Editing: juga dikenal sebagai tape to tape editing. adalah suatu metode editing yang mengubah video klip dari tape satu ke tape yang lain sesuai hasil yang diharapkan.

Non Linear Editing adalah suatu metode editing yang menggunakan perangkat lunak komputer

Transition atau transisi adalah cara mengubah/memadukan suatu scene/gambar ke scene/gambar berikutnya

Post Production: adalah semua pekerjaan pada video atau audio setelah produksi atau setelah video atau audio direkam atau dishooting.
Post Production atau pasca produksi meliputi pekerjaan mengedit video dan audio,
memberikan judul, membuat grafik dan efek serta menyesuaikan atau mengoreksi warna.



Di Ambil dari dari forum KLIK AJA DEH
Yang Meu Gabung di KLIK AJA DEH Klik baner di bawah ini


Blog, Updated at: 11:00:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts